Melalui Musrenbang, Pemkab Sekadau Prioritaskan Pembangunan yang Strategis

Sekadau Hilir, Madah Sekadau –  Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Sekadau menggelar Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sekadau Tahun 2022 di Ruang Serbaguna, Kantor Bupati Sekadau, Kamis (18/3/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Plh Bupati Sekadau didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Danramil 1204-15 Sekadau Hilir, Perwakilan Kapolres Sekadau dan Perwakilan Kajari Sekadau.

Pada kesempatan tersebut Plh Bupati Sekadau, Frans Zeno menjelaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan sebagai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional serta Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

“Musrenbang penyusunan RKPD Kabupaten Sekadau tahun 2022 pada hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan setelah dilaksanakannya Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan, Forum Konsultasi Publik dan forum perangkat daerah beberapa waktu yang lalu,” jelas Zeno.

Selanjutnya, ia juga menambahkan bahwa rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan musrenbang dengan proses negosiasi, rekonsiliasi serta harmonisasi antara pemerintah dan pemangku kepentingan.

“Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis untuk membahas kebijakan dan prioritas pembangunan di Kabupaten Sekadau,” tambah dia.

Sementara itu Sektertaris Bappeda Litbang Kabupaten Sekadau, Apeng Pertus mengatakan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau tahun ini mengacu pada RPJD Kabupaten Sekadau tahun 2005-2021, serta prioritas pembangunan nasional dan Provinsi.

“Adapun tujuan dari Musrenbang RKPD adalah menciptakan sinergitas pelaksanaan pembangunan daerah antar wilayah, antar sektor pembangunan dan antar tingkat pemerintahan,” kata Apeng.

“serta menciptakan efisiensi alokasi sumber daya alam dalam pembangunan daerah serta menjadi acuan bagi seluruh komponen masyarakat, karena memuat arah dan kebijakan pembangunan,” lanjut Apeng.

Hadir pada kegiatan tersebut, para Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Ketua Tim TP PKK Kab.Sekadau, perwakilan Gabungan Organisasi Wanita Kab.Sekadau, Ketua Dharma wanita Persatuan Kab.Sekadau, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Bhayangkari, Kompas, Forum Anak Daerah dan beberapa Lembaga Sosial Masyarakat di Kabupaten Sekadau. (MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :