Musrenbang Kecamatan Wadah Konsistensi dan Pengoptimalan Partisipasi Masyarakat

Nanga Taman, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksanakan acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sekadau tingkat  Kecamatan Tahun 2022 di gedung pertemuan Kecamatan Nanga Taman, Rabu (17/2/2021).

Musrenbang tersebut dilakukan untuk mensinkronkan prioritas-proritas yang telah disusun setiap SKPD di Kabupaten Sekadau yang akan dibawa ke dalam musyawarah di tingkat kecamatan untuk disinkronkan dengan usulan –usulan yang ada di musrenbang desa.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Bappeda Litbang Kab.Sekadau, Apeng Petrus mengungkapkan musrenbang Kabupaten di Kecamatan Naga Taman merupakan penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Sekadau tahun 2022 yang bermuara dari hasil musrenbang desa dan akan dibahas pada musrenbang Kabupaten.

“musrenbang ini merupakan wadah bagi tergabungnya konsistensi antar perencanaan anggaran dan pelaksanaan serta mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam menjamin sumberdaya secara efisien, efektif dan berkelanjutan”, ungkap Apeng.

Sementara itu, Sekretaris Camat Naga Taman, Abang Rusdi menjelaskan tentang jumlah Indeks Desa Membangun (IDM) dalam perkembangan desa-desa di Kecamatan Nanga Taman tahun 2020 yang terdiri dari, 2 desa mandiri, 2 desa maju, 4 desa berkembang serta 5 desa tertinggal.

“jadi Alhamdulillah untuk tahun 2020 sudah tidak ada lagi desa di Kecamatan Nanga Taman yang berstatus desa sangat tertinggal,” jelasnya.

Pada musrenbang RKPD di Kecamatan Nanga Taman tersebut juga di lakukan penyampaian kebijakan umum pembangunan Kab.Sekadau tahun 2022 oleh Kepala Bidang PPEP Bappeda Litbang Kab.Sekadau, Mirza Suryadi, serta penjelasan tentang pokok-pokok pikiran yang disampaikan langsung oleh anggota DPRD Kabupaten Sekadau yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para Kepala Desa se-Kecamatan Naga Taman. (MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :