Panen Raya Padi, Bumdes Kematu Jaya Teken MoU dengan PT. AGRO Andalan

Sekadau Hulu, Madah Sekadau – Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Sebokat Desa Rawak Hilir, Kecamatan Sekadau Hulu menggelar panen raya padi yang sekaligus melakukan penandatangan kerjasama dengan pihak PT. AGRO Andalan.

Dengan kerjasama tersebut, Gapoktan Sebokat melalui Bumdes Kematu Jaya Desa Rawak Hilir berkomitmen untuk menjadi penyuplai beras kepada pihak PT. AGRO Andalan yang beralamat di Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu.

Kades Rawak Hilir Abdul Azis menyebutkan bahwa Bumdes Kematu Jaya berkomitmen untuk menyuplai beras kepada pihak PT. AGRO Andalan setidaknya 1 ton beras perbulannya, dan pada kesempatan itu Ia juga berterima kasih kepada pihak pemerintah daerah yang terus mensuport para petani di Desa Rawak Hilir itu.

“Kita usahakan beras yang akan kita suplai kepada pihak AGRO Andalan ini bisa mencapai 1 ton perbulannya,”Ucap Abdul Azis saat menyampaikan pidatonya usai melaksanakan panen raya padi, Rabu (21/9/2022).

“Melalui kerjasama ini kita berharap agar para petani lebih bersemangat karena ada pihak yang siap menampung beras kita ini, dan untuk harganya pun cukup tinggi,”Ujarnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau yang telah mensuport kita, serta tiada hentinya melakukan pendampingan kepada petani kita,”Tambahnya.

Sementara itu, Camat Sekadau Hulu Uden mengapresiasi para petani Sebokat di Desa Rawak Hilir yang telah berhasil melaksanakan panen raya padi tersebut, Ia menyebutkan bahwa hal itu sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan khusunya di Kecamatan Sekadau Hulu maupun Kabupaten Sekadau.

“Tadi sudah kita laksanakan bersama-sama panen raya padi di komplek sawah kelompok tani Sebokat, dan pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih serta apresiasi saya kepada kelompok tani di Desa Rawak Hilir ini,”Ucap Uden.

“Jadi dengan adanya kerjasama ini nantinya para kelompok tani di Desa Rawak Hilir ini tidak perlu khawatir lagi kemana akan menjual hasil panennya, karena pihak PT. AGRO Andalan sudah siap berkomitmen untuk membelinya,” Tegasnya.

Selanjutnya, Pimpinan PT. AGRO Andalan Imanuel Tibian berharap setelah penandatangan dengan Bumdes Kematu Jaya ini, kedepannya juga bisa diikuti para Gapoktan dari desa-desa lain yang ada di Kabupaten Sekadau untuk bisa melakukan kerjasama dengan pihak PT. AGRO Andalan.

“Kami kan butuh beras untuk para karyawan kami itu 10 ton perbulan, dan disinikan ada beras jadi kenapa kami harus jauh-jauh belinya, untuk itu kami coba lakukan kerjasama kepada para kelompok tani yang siap menyuplai beras kepada kami, ” Kata Imanuel.

“Dengan adanya kebutuhan kita tadi dan adanya kemampuan dari Desa Rawak Hilir untuk memenuhi kebutuhan kita, harapannya semoga kerjasama ini dapat kita tularkan kepada desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Sekadau bila itu memungkinkan,”Tandasnya. (Madah Sekadau/YD/AK)

 

Bagikan :