Pelaksanaan Monitoring Posko PPKM Mikro tingkat Desa di Kecamatan Belitang Hilir

Belitang Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksanakan Monitoring Pelaksanaan Posko PPKM Mikro tingkat Desa Bedasarkan Surat Tugas Bupati Sekadau Nomor 140/1148/DPMD/2021 yang dilaksanakan di Kantor Camat Belitang Hilir, Rabu, (7/7/2021). Kegiatan di buka lansung Oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio.

Monitoring ini bertujuan untuk mengawasi dan mengawal pelaksanaan posko PPKM Mikro agar berjalan maksimal dengan aktifnya satuan gugus tugas desa yang terdiri dari empat tim yaitu; tim pencegahan, tim penanganan, tim pembinaan dan tim pendukung, dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sekadau.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka mensinkronkan kebijakan pusat dan daerah. yang bertujuan untuk meminimalisir dan menekan angka penyebaran virus covid-19 di indonesia, dan memulihkan kembali ekonomi masyarakat.

”Tugas nomor satu kita tahun ini adalah bagaimana menekan penyebaran Covid-19 diseluruh Indonesia, tidak terkecuali pemerintah Desa. Yang kedua adalah pemulihan ekonomi masyarakat. Sementara hanya dua itu tugas kita,” ucap Subandrio.

Ia meminta agar para kepala desa serius dalam melaksanakan tugas ini dan dapat menggunakan dana alokasi PPKM Mikro yang telah diberikan dengan bertanggung jawab dan jangan bermain dengan dana ini apalagi sampai korupsi.

“pergunakan alokasi dana PPKM Mikro ini secara bertanggungjawab “PPKM Mikro ini setelah diaudit internal juga diaudit eksternal, ini kita tegaskan lagi Kepala Desa jangan korupsi,” pungkasnya.

Dalam kesempatannya Sekretaris Pemdes menyampaikan kepada para Kepala desa untuk segera menyiapkan persyaratan dalam pencairan dana alokasi PPKM Mikro tersebut agar kegiatan pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar.

“Dananya sudah ada, tinggal dicairkan. Silahkan lengkapi persyaratan pencairannya. Kalau dananya belum cair bagaimana pelaksanaan PPKM Mikro bisa berjalan lancar, ujar Jaluk.

Dalam pelaksanaannya dilapangan pelaporan yang diberikan secara berkala dari tingkat desa hingga kabupaten kepada pemerintah provinsi di berikan berkala setiap minggu, ini guna memantau perkembangan kasus covid-19 di tiap desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau. (MadahSekadau/Edo/AK)

Bagikan :