Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Berbahan Baku Lokal Bagi Masyarakat Sekadau Resmi Digelar

Sekadau Hulu, Madah Sekadau -Wakil Bupati Sekadau Subandrio menghadiri kegiatan pelatihan pembuatan pakan ikan berbahan baku lokal yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, bertempat di gedung pertemuan umum Kecamatan Sekadau Hulu, kabupaten Sekadau, Minggu (24/7/2022).

Adapun peserta kegiatan berjumlah 100 orang berasal dari 4 Kecamatan di Kabupaten Sekadau, yaitu Kecamatan Nanga Mahap, Nanga Taman, Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir.

Wabup Sekadau Subandrio menyebutkan, kegiatan tersebut selaras dengan program unggulan kabupaten sekadau yaitu IP3K, lebih lanjut Ia meminta kepada dinas terkait agar terus mendampingi para pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Sekadau terutama peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya minta kepada DKP3 Kabupaten Sekadau untuk memetakan para pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Sekadau, agar mereka bisa terus kita dampingi, mulai dari proses pembudidayaan sampai dengan produksi,” Ujar Subandrio.

“Setelah kegiatan, peserta yang sudah mengikuti pelatihan ini harus bisa nanti membuat produk pakan ikan dari bahan baku lokal, kalau perlu nanti kita buatkan sertifikatnya agar nanti mereka bisa membagikan ilmunya supaya kita bisa produksi sendiri pakan ikan yang lebih banyak agar tidak terus bergantung dengan daerah lain,”Ungkapnya.

Membuka kegiatan tersebut, Anggota DPRD RI Yessy Melania menyebutkan bahwa, Kabupaten Sekadau memiliki potensi yang besar dalam bidang pertanian dan perikanan, sehingga perlu dimaksimalkan sebaik mungkin.

“Ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi kita dalam upaya untuk terus mengembangkan sektor-sektor yang bisa diangkat menjadi prioritas disetiap daerah masing-masing, dan ternyata di Kabupaten Sekadau memiliki potensi yang luar biasa di sektor perikanan budidaya, “Kata Yessy.

“Pada saat ini, persoalan yang sering terjadi dikalangan pembudidaya ikan adalah mahalnya harga pakan ikan dipasaran. Untuk itu, harapan kedepan melalui kegiatan ini bisa menjadi solusi bagi pembudidaya ikan ini, karena untuk pakannya sudah bisa diproduksi secara mandiri,”Tukasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut secara daring, Kepala Badan Riset Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan I.Nyoman Radiarta, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Lily Aprilya Pregiwati serta Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal Moch. Muchilisin.

Sementara itu, hadir secara luring Kepala UPT Perikanan Budidaya Air Payau dan Laut Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Kalbar Erviyanto, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau Sandae, Camat Sekadau Hulu Uden, serta Forkopimcam Kecamatan Sekadau Hulu. (Madah Sekadau/YD/AK)

 

Bagikan :