Pemda Sekadau Gelar Rakor Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Sekadau Hilir, Madah Sekadau –  Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Kabupaten Sekadau dilaksanakan di Aula Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Rabu (21/4/2021).

Rakor tersebut dilaksanakan dalam menyikapi meningkatnya kasus Covid-19 serta upaya Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran Wabah Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Frans Zeno mengungkapkan pada rapat kali ini untuk menindaklanjuti serta merespon adanya peningkatan kasus covid-19 di Kabupaten Sekadau.

“Berkenaan dengan kasus covid-19 di Sekadau, terakhir pada waktu kemarin merupakan kasus ke 10, yang meninggal warga asal Desa Tapang Semadak,” ungkap Zeno.

“Kemudian ada 33 kasus baru di tempat kita baik dari klaster pernikahan maupun dalam pelaksanaan swab di tempat ini ketika ada kegiatan pembinaan terkait dengan pemerintahan desa,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Pj Sekda menegaskan bahwa lonjakan kasus ini merupakan sesuatu yang harus diantisipasi bersama dari Satgas Kecamatan serta Puskesmas yang ada, agar tindakan yang akan dilakukan dapat dengan benar mencegah penyebaran virus covid-19 semakin meluas.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Fendy mengatakan pada awal penanganan wabah covid-19 pada tahun 2020 lalu, terlihat semua posko di tingkat desa sangat aktif.

Terkait dengan Surat Edaran, Satgas Kabupaten Sekadau sudah membuat Surat Edaran yang berisi 15 point yang ditunjukan kepada semua instansi terkait, termasuk didalamnya yaitu Camat.

“Saya mohon kepada Bapak Camat untuk segera  meneruskan Surat Edaran Gubernur terkait dengan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan, idul fitri termasuk didalamnya adalah bagaimana supaya Satgas sampai ke tingkat Desa dan Dusun ini bisa berperan aktif,” kata Fendy.

“Kemudian terkait dengan penanganan pemulasaran jenazah, ini dari pihak rumah sakit bertugas hanya mengantarkan, tetapi disini diperlukan peran aktif dari satgas kecamatan dalam hal ini pihak puskesmas untuk bersama-sama petugas satgas terkait penanganan penguburan jenazah ini,” tandasnya.

Hadir juga pada rakor tersebut para Kepala SKPD serta Camat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau dan Kepala Puskesmas di Kabupaten Sekadau. (MadahSekadau/Amd/Edo/AK)

Bagikan :