Pemerintah Kabupaten Sekadau Ikuti Pelaksanaan Musrenbang RKPD melalui Video Conference.

Madah Sekadau, Sekadau Hilir – Pemerintah Kabupaten Sekadau  Melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Barat, Kegiatan dilaksanakan melalui Video Conference yang di adakan di Masing-masing SKPD Kabupaten/Kota pada hari Senin, (20/4/2020). Selain Mendagri Video Conference Musrenbang ini juga di hadiri oleh DPD RI Dapil Kalbar, DPR RI Dapil Kalbar, Forkopimda Provinsi Kalbar, DPRD Provinsi Kalbar, Bupati/Wali Kota se-Kalbar,  Bappeda Kab/Kota se-Kalimantan Barat.

Dalam Pembukaan Video Conference Menteri Dalam Negeri RI memberikan Arahan berupa upaya Sinkronisasi Perencanaan Pusat dan Daerah, Capaian Indikator Makro Daerah, Potensi dan Tantangan Pembangunan Daerah serta Kebijakan Strategis Pembangunan Daerah.

Tugas dan Fungsi Kementerian Dalam Negeri berperan mendorong pemerintah daerah mendukung fokus kerja pemerintah dalam bentuk pembinaan dan pengawasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 RKPD Kalimantan Barat Tahun 2021 Mengangkat Tema “Perencanaan Kolaboratif untuk optimalisasi sumber daya alam, menuju Kalimantan Barat Sejahtera”. Tema Tersebut di tetapkan sebelum Pasca Pandemi Covid-19 dan akan di sesuaikan untuk kedepannya.

 Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Soeharso Monoarfa dalam sambutannya Menyampaikan bahwa sumber-sumber alternatif pembiayaan daerah untuk penanganan Covid-19 bisa berasal dari realokasi APBD, revisi DAK Kesehatan 2020 yang diusulkan melalui sistem KRISNA (21 Maret-15 April), pemanfaatan Dana Desa, partisipasi swasta dan organisasi masyarakat, dan swadaya masyarakat.

 ”Penanganan wabah ini memerlukan kerja bersama. Kita harus bersatu padu, memperkuat sinergi dan koordinasi, serta tetap optimis bahwa kita akan mampu melewati ini semua,”Ungkap Soeharso.

Pelaksanaan Musrenbang ini Di harapkan mampu meneguhkan tekad bersatu padu mengatasi dampak Covid-19 ini, menghilangkan sekat-sekat sektoral untuk kemajuan Kalimantan Barat yang merata. (MadahSekadau/Komi/Edo)

Bagikan :