Pemerintah Kabupaten Sekadau Tetapkan Status KLB Covid-19

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19. Penetapan status KLB tersebut setelah ditetapkannya Tiga orang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Sekadau.

Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan bahwa dengan ditetapkannya status KLB tersebut, ia berharap agar masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan. Ia juga menyampaikan bahwa Tiga orang positif Covid-19 tersebut agar dilakukan isolasi secara ketat.

“Status KLB sudah kita umumkan, dan saya minta Tiga orang positif Covid-19 ini diisolasi secara ketat sambil kita menunggu Dua orang yang masih belum keluar hasil swabnya,”Kata Rupinus pada kegiatan rapat Gugus Tugas Kabupaten Sekadau di ruang rapat Wakil Bupati Sekadau, Selasa (26/5/2020).

Selanjutnya Rupinus mengatakan bahwa langkah yang akan diambil oleh Pemkab Sekadau yaitu mengisolasi Tiga pasien Covid-19 tersebut di rumah transisi yang telah disiapkan, agar perkembangan kesehatan pasien lebih mudah dikontrol dan  tentunya dengan pengawasan ketat.

“kita isolasi dulu mereka, kalau kita berhasil mengisolasi ketiga orang tersebut dan mereka itu bisa sembuh, maka akan menjadi suatu kebanggaan bagi kita, kecuali dalam beberapa hari tidak ada perubahan baru kita kirim ke Kota Pontianak,”Ungkapnya.

Sementara itu, menurut Plt.Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kab.Sekadau, Henry Alpius mengatakan bahwa penyebaran wabah covid-19 tersebut tidak mudah untuk dihindarkan, dan penetapan KLB tersebut juga berkaitan dengan adanya 3 (tiga) orang yang telah ditetapkan positif Covid -19.

“Kami sudah mengantisipasi kondisi yang sudah kita himbau bahwa tidak mungkin terhindar dari wabah Covid-19 ini, bahkan ini sudah menjadi transmisi lokal penyebaran covid-19 karena bukan lagi kasus impor dan memang sudah jadi zona merah,”Terang Henry.

“Jadi kita menghimbau supaya masyarakat lebih diketatkan lagi terkait dengan protokol kesehatan, pertama untuk pencegahan yaitu tidak mengumpulkan banyak orang itu sangatlah penting, kemudian penggunaan masker pada masyarakat, kita tingkatkan dan tentunya himbauan untuk sering mencuci tangan,”Pungkasnya. (Madah Sekadau/Wido/ Komi)

Bagikan :