Pemkab Sekadau Gelar Apel Sarpras Persiapan Hadapi Bencana Batingsor

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar Apel Sarpras Pasukan dan Peralatan Dalam Rangka Persiapan Menghadapi Bencana Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor (Batingsor) yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu (11/11/2020). Apel tersebut dipimpin oleh Pjs Bupati Sekadau, Sri Jumiadatin yang bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam amanatnya Pjs Bupati Sekadau, Sri Jumiadatin mengatakan pada setiap akhir tahun, daerah kita dihadapkan dengan siklus cuaca yang berpotensi menimbulkan bencana, terutama banjir, angin putting beliung dan tanah longsor.

Pada tahun 2020, kondisi cuaca diperparah oleh efek La Nina yang melanda sebagian besar wilayah fasifik termasuk Indonesia.

“Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi bahwa sepanjang akhir tahun 2020 hingga awal 2021, akan terjadi pergerakan angin yang membawa uap air dan berpotensi menyebabkan hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang,”

“Oleh karena itu, kami memandang perlu sinergitas dari elemen yang terkait langsung dengan penanggulangan bencana dalam rangka memberikan edukasi serta perlindungan kepada masyarakat,”

Pjs Bupati Sekadau juga menyambut baik adanya apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka perisapan  menghadapi bencana batingsor dalam masa pandemi covid-19 di Kabupaten Sekadau.

“untuk itu tidak lupa juga saya mengingatkan bahwa disaat-saat kita disibukkan dengan bencana batingsor, saya berharap agar kita semua tetap waspada dan selalu mengingatkan masyarakat tentang bencana non alam yaitu pandemi covid-19 yang sampai saat ini masih mengancam keselamatan jiwa masyarakat kita,”

Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 4M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Memakai masker terutama jika keluar rumah, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan.

Pada apel tersebut dilakukan peninjauan terhadap kesiapan kendaraan mobilitas dan alat keselamatan dari para personil dalam menghadapi bencana batingsor di berbagai daerah di Kabupaten Sekadau.

Apel Gelar Sarpras Pasukan dan Peralatan Dalam Rangka Persiapan Menghadapi Bencana Batingsor tersebut bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kesiapan dalam menghadapi bencana Batingsor tahun 2020 di masa pandemi covid-19. (MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :