Pemkab Sekadau Gelar Bimtek Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha

Bagikan :

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar acara Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan Tahun 2020 yang dilaksanakan di Gedung Kateketik, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (25/8/2020). Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius didampingi Plt.Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau serta diikuti oleh 50 pelaku usaha dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Sekadau.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menyambut baik digelarnya kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan pada hari ini dan ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Loka POM Kabupaten Sanggau beserta jajaran yang telah bersedia hadir sebagai narasumber di acara tersebut.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, keamanan pangan memiliki peran penting karena keterkaitannya dengan penyakit akibat pangan, dimana masalah keamanan pangan dapat menjadi masalah besar mengingat produksi pangan telah menjadi industri yang diperjualbelikan dan didistribusikan secara global,” kata Aloysius.

“kami berharap para peserta dapat mengikuti secara cermat bimbingan teknis ini sehingga nantinya mampu menerapkan cara produksi pangan olahan yang baik untuk menghasilkan produk pangan yang sesuai standar agar mampu meningkatkan daya saing dan memperkuat jangkauan produk pangan Kab.Sekadau menembus pasar  nasional,” harapnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kab.Sekadau, Henry Alpius menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik Subbidang  Pengawasan Obat dan Makanan tahun anggaran 2020.

“Kegiatan ini dilakukan dengan dua tahap, pertama telah dilakukan pada tanggal 27 Juli 2020 di gedung kateketik yang diikuti oleh 50 pelaku usaha diseluruh Kecamatan di Kabupaten Sekadau serta tahap kedua dilaksanakan pada hari ini yang juga diikuti oleh 50 pelaku usaha diseluruh Kecamatan di Kabupaten Sekadau,” jelas Henry.

Diadakannya Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan Tahun 2020 tersebut bertujuan untuk pengembangan dan peningkatan pengetahuan bagi pelaku usaha industri rumah tangga pangan khususnya didalam masa pandemi Covid-19 ini dengan tetap mengedepankan aspek protokol kesehatan dan meningkatkan aspek-aspek hegiene dan sanitasi pada produksi dan distribusi pangan.

(MadahSekadau/Amd/Edo/AK)