Pemkab Sekadau Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Desa Semabi

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Semabi, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu (12/8/2020). Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius didampingi Asisten II Setda Kab.Sekadau, Kepala Dinas PUPR Kab.Sekadau, Plt. Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kab.Sekadau serta Perwakilan Camat Sekadau Hilir Kab.Sekadau.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di Desa Semabi dengan rangkaian yaitu sunatan masal, pengobatan gratis, pelayanan KB dan pemeriksaan ibu hamil.

“Antusias dari masyarakat Desa Semabi sangat luar biasa, kita patut memberi apresiasi bahwa masyarakat sudah sangat peduli dan sangat respon terhadap kesehatan,” kata Aloysius.

“Kita harus memberikan pelayanan yang baik kepada mereka salah satunya dibidang kesehatan, apabila masyarakat sehat semua aktifitas dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kab.Sekadau, Henry Alpius mengungkapkan bahwa pelayanan kesehatan ini merupakan program dari Pemerintah Daerah terkait dengan program pelayanan daerah terpencil dengan tujuan agar seluruh masyarakat di Kabupaten Sekadau dapat menerima dan mendapatkan akses pelayanan kesehatan terbaik.

“Salah satu pelayanan kesehatan dari sekian banyak pelayanan adalah pelayanan Keluarga Berencana (KB),” ungkap Henry.

“Memang dalam pandemi covid-19 ini yang menjadi persoalan kita adalah penjadwalan kegiatan dari bulan februari hampir disetiap daerah-daerah terpencil tidak dapat kita laksanakan karena terkendala dengan pelayanan wabah covid-19, sehingga baru di bulan Agustus ini kita jalankan program pelayanan kesehatan ini kembali,” pungkasnya.

Program kesehatan yang dilaksanakan di Desa Semabi tersebut salah satunya adalah pelayanan sunatan masal yang diikuti oleh 62 anak-anak.

“Kita sangat berterimakasih atas dilaksanakannya pelayanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau atas instruksi Bupati dan Wakil Bupati untuk mengajak masyarakat memeriksakan kesehatannya secara gratis, dan dengan diadakannya sunatan masal gratis ini orang tua peserta merasa sangat terbantu,” jelas Kepala Desa Semabi, Jamri.

Diakhir acara dilakukan peninjauan oleh Wakil Bupati Sekadau beserta rombongan ke posko pelayanan kesehatan seperti sunatan masal, pengobatan gratis dan pelayanan KB dserta pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil yang diakhiri dengan foto bersama.

(MadahSekadau/Amd/Edo/AK)

Bagikan :