Pemkab Sekadau Sosialisasikan Kebijakan PUG Dalam Meningkatkan Pembangunan SDM

Sekadau Hilir, Madah Sekadau –  Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksanakan Sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Termasuk Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di Kabupaten Sekadau Tahun 2021 di Ruang Serbaguna, Kantor Bupati Sekadau, Selasa (23/3/2021).

Pada Kesempatan tersebut Plh Bupati Sekadau, Frans Zeno mengatakan isu gender merupakan salah satu isu utama dalam pembangunan, khususnya pembangunan sumber daya manusia.

“Walaupun sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan penguatan kapasitas kelembagaan pengarusutamaan gender, namun masih ada kesenjangan antara perempuan dan laki-laki,” kata Zeno.

Selain itu menurutnya, permasalahan paling mendasar dalam upaya peningkatan kualitas hidup perempuan adalah pendekatan pembangunan yang belum  mengakomodir tentang pentingnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam mendapatkan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan.

“Pengarusutamaan gender dalam pembangunan merupakan strategi mengintegrasikan perspektif gender dalam pembangunan yang dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi kegiatan pembangunan,” jelas Zeno.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini agar dapat lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para Kepala SKPD dan penanggungjawab perencanaan di satuan kerja perangkat daerah, sehingga saat pelaksanaan penyusunan perencanaan program dan kegiatan sudah menerapkan pendekatan yang memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, PP da PA Kabupaten Sekadau, Afronius Akim Sehan mengungkapkan maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk memastikan laki-laki dan perempuan memperoleh akses terhadap sumber daya, partisipasi dan kontrol yang sama dalam pengambilan keputusan serta manfaat yang sama dari semua bidang pembangunan.

“Selaku Kepala Dinas Sosial, PP dan PA Kabupaten Sekadau dan atas nama pribadi, saya memberi respon positif dengan dilaksanakannya kegiatan ini, momen ini tidak hanya sekedar pendidikan dan pelatihan,” ungkap Afron.

“tetapi juga memberikan penyadaran kepada kita akan arti penting terbangunnya komitmen dan sinergitas untuk menyusun rencana kegiatan anggaran yang dapat memberikan dampak yang adil bagi laki-laki dan perempuan,” lanjut dia.

Hadir pada kegiatan tersebut Plh Bupati Sekadau, Kepala Dinas Sosial PP dan PA Kab.Sekadau, Perwakilan BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat, Perwakilan Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat, serta para Camat dan Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau. (MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :