Pemprov Kalbar dan Pemkab Sekadau Kampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan di Rumah Betang Youth Center, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kamis (13/6/2024).

Kegiatan Gemarikan tersebut merupakan inisiasi dari Program Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang di kepalai oleh Bapak Frans Zeno.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar Frans Zeno menyebut kegiatan Gemarikan yang dilaksanakan ini merupakan upaya dari Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar untuk bersama-sama memasyarakatkan makan ikan di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

“Pelaksanaan kegiatan ini guna meningkatkan angka konsumsi ikan, mengingat dari beberapa data yang telah disampaikan bahwa angka konsumsi ikan Kalimantan Barat masih berada di bawah angka Nasional,” sebut Zeno.

“Kalau di angka nasional sudah mencapai 58 kilo per tahun, namun kita Kalimantan Barat baru 51 kilo perkapita pertahun. Dari hal itu maka dari program dinas kelautan melaksanakan kegiatan dengan upaya meningkatkan minat masyarakat untuk membuat gerakan gemar makan ikan,” ujarnya.

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Hironimus mengungkapkan bahwa program Gemarikan tidak hanya berfokus pada peningkatan konsumsi ikan, tetapi juga mencakup berbagai kegiatan edukasi dan kampanye untuk mengajak masyarakat, khususnya anak-anak agar lebih menyukai dan terbiasa mengkonsumsi ikan.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan Gemarikan ini, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat mulai dari Pemerintah Daerah, organisasi kemasyarakatan, sekolah hingga keluarga dimana pun berada untuk bersama-sama memasyarakatkan kebiasaan makan ikan ini,” ungkap Hironimus.

“Mari kita jadikan ikan sebagai bagian dari menu makanan kita sehari-hari. Dengan demikian kita tidak hanya meningkatkan kualitas gizi, tetapi juga mendukung perekonomian dari para nelayan dan peternak ikan di daerah kita,” ajaknya.

Selajutnya, Pj Ketua TP.PKK Provinsi Kalbar Ny. Windy Prihastari Harrison dalam sambutannya menyampaikan bahwa mengkonsumsi ikan sebagai salah satu asupan protein tinggi merupakan cara meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, ikan juga merupakan makanan yang halal dan baik sehingga dapat dikonsumsi dan diterima sebagian besar masyarakat.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada masyarakat khususnya anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui untuk membiasakan diri mengkonsumsi ikan,” pinta Windy

Lebih lanjut, Pj Ketua TP.PKK Provinsi Kalbar itu menambahkan bahwa dalam rangka menyukseskan kegiatan Gemarikan tersebut ia meminta peran serta seluruh pihak untuk ikut terlibat dalam menyebarluaskan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

“Kepada Ibu-ibu Tim Penggerak PKK, saya berharap peran strategis TP.PKK dapat dilaksanakan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada para Ibu mengingat peran Ibu dalam pembentukan pola konsumsi pangan keluarga sangat besar terutama dalam mengenalkan olahan pangan dari ikan terhadap seluruh anggota keluarga,” harapnya.

Adapun tujuan utama dari program Gemarikan yaitu adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai bagian dari pola makanan yang sehat. (MadahSekadau/Amd/Sal/Wek/Ht)

Bagikan :
error: Konten di Proteksi