Perayaan Syukur Tahbisan Uskup Mgr. Valentinus Saeng, CP di SP VI Nanga Ansar

Belitang, Madah Sekadau – Bupati Sekadau, Aron hadiri perayaan syukur atas tahbisan Uskup terpilih Mgr. Valentinus Saeng, CP yang berlangsung dilapangan bola Desa SP VI Nanga Ansar, Kecamatan Belitang, Rabu (23/11/2022).

Ditahbiskan pada 11 November 2022 sebagai Uskup yang melanjutkan kepemimpinan Keuskupan Sanggau menggantikan Uskup Emeritus Mgr. Giulio Mencuccini, CP. Dan saat ini Desa Nanga Ansar dipilih menjadi  tempat pelaksanaan perayaan syukurnya. Daerah ini merupakan tanah kelahiran Uskup Valent, tepatnya di kampung Keramuk pada 53 tahun lalu.

Rangkaian acara dimulai dengan perayaan ekaristi kudus yang dipimpin langsung oleh Uskup Mgr. Valentinus Saeng, CP didampingi para imam dari berbagai paroki.

Dalam sambutannya Aron mengungkapkan rasa bangga atas terpilihnya Uskup Valent yang merupakan putra daerah Kabupaten Sekadau.

“Atas nama Pemerintah kabupaten Sekadau, kami mengucapkan selamat kepada Mgr. Valentinus Saeng, CP yang kemarin telah ditahbiskan menjadi Uskup Sanggau-Sekadau dan selamat melaksanakan tugas baru ini. Ini merupakan kebanggaan yang tidak bisa kita lupakan, menjadi sejarah bahwa saat ini Paus mempercayakan putra daerah dari SP VI ini menjadi Uskup Keuskupan Sanggau”, ungkapnya.

Selanjutnya Aron menekankan tentang pentingnya dukungan umat dalam membangun gereja dan kerjasama antar pemerintah dan pihak Keuskupan guna mewujudkan kemajuan masyarakat khususnya di Kabupaten Sekadau.

“Kami mohon dukungan kepada umat sekalian agar kedepan kita bisa bekerjasama dengan beliau dalam rangka membangun masyarakat terutama di Kabupaten Sekadau”, harapnya.

Pada homilinya Uskup mengungkapkan kegembiraannya pada peristiwa tahbisan Uskupnya hingga gawai perayaan syukur bersama keluarga dan semua umat Paroki Santa Maria Diangkat Kesurga Sungai Ayak, dan mengajak seluruh umat terlibat serta memberi dukungan untuk pengembangan iman.

“Sebagai Uskup pada saat yang sama sebagai gembala dan sekaligus melayani Anda sekalian, oleh karena itu kami mohon doa dari bapak/ibu supaya tugas pelayanan ini sungguh diberkati Tuhan dan mohon kerjasamanya supaya kita bisa mengembangkan Keuskupan ini dan paroki-paroki, serta komunitas-komunitas kita’, ucap Uskup.

Penekanan peran serta gereja dalam membangun iman Katolik dan membangun sumber daya manusia umat adalah hal yang juga menjadi penekanan Uskup.

“Perayaan misa disini sengaja saya pilih juga untuk mengenang para misionaris yang menjelajahi kampung-kampung dan mereka membawa anak-anak yang direlakan orang tua untuk disekolahkan di Nyarumkop dan Sekadau. Kita harus bersyukur dan berterima kasih karena gereja tidak hanya mewartakan Yesus Kristus yang menjadi jalan bagi keselamatan kita, tetapi juga menjadi sarana yang membebaskan kita dari ketertinggalan, dari kemiskinan dan dari keterbelakangan”, tuturnya.

Sehari sebelumnya juga telah dilaksanakan acara penyambutan para tamu di Gereja Santo Gabriel SP VI Nanga Ansar. Tamu yang hadir berasal dari kalangan biarawan-biarawati, pejabat pemerintahan serta umat yang berasal dari berbagai paroki yang tergabung dalam Keuskupan Sanggau serta tamu undangan yang berasal dari luar pulau. (MadahSekadau/AS/AK)

Bagikan :