Peresmian Gereja Katolik Salib Suci SP 1 Merbang

Belitang Hilir, Madah Sekadau – Bupati Sekadau, Aron didampingi istri Ny. Magdalena Susilawati meresmikan gereja Katolik Stasi SP 1 Merbang Paroki Sungai Ayak sementara pemberkatan oleh Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini, CP. Jumat (13/5/2022).

Hadir dalam peresmian tersebut Uskup Emeritus Mgr. Hieronymus Bumbun, OFM Cap. beserta para imam dan beberapa kepala SKPD serta Forkopimka Belitang Hilir.

Pembangunan gereja dimulai pada akhir 2018 dengan total biaya sebesar Rp. 712.020.000 dan salah satu sumbernya berasal dari dana hibah Pemerintah Kabupaten Sekadau. Gereja ini merupakan gereja pengganti, dimana bangunan gereja lama yang lokasinya persis disamping gereja baru dirasa sudah tidak memadai bagi perkembangan umat.

Prosesi peresmian oleh Bupati dimulai dengan Pancung Buluh Muda, adat penyambutan dan pengguntingan pita hingga pembukaan pintu gereja kemudian dilanjutkan dengan misa pemberkatan. Pada misa tersebut juga dilaksanakan penerimaan sakramen krisma bagi 215 orang.

Dalam sambutannya Aron turut bangga dengan pembangunan rumah ibadah tersebut serta memberi apresiasi bagi umat SP 1 Merbang dan berbagai pihak yang turut membantu pembangunan gereja.

“Kita bisa berbangga gereja saat ini sampai di stasi sudah bagus dan representatif. Ini semua berkat kerjasama dari berbagai pihak terutama umat di SP1 Merbang”, Ujar Aron.

“Pemerintah daerah bersama Keuskupan memberikan dana hibah demi pertumbuhan dan perkembang iman umat”, tambahnya.

Aron berharap agar secara fisik gereja ini terus dijaga dan dirawat agar selalu baik untuk terus dapat mendukung aktivitas iman gerejawi umat.

“Membangun gedung itu mudah, menjaganya tidak mudah. Untuk umat, agar tetap dijaga dan dirawat sebagaimana mestinya”, pesannya.

Pesan lain untuk umat dan masyarakat Merbang adalah agar anak-anak tetap sekolah. Orang tua diharapkan bisa terus mendorong dan mendukung pendidikan anak. Tujuannya agar generasi saat ini dapat berkompetisi pada masa depan.
“Saat ini tidak ada alasan lagi untuk tidak sekolah, karena bangunan sekolah sudah banyak dan ada didekat kita”, tegas Aron.

Dalam kesempatan yang sama  Mgr. Giulio Mencuccini, CP menekankan akan pentingnya  pertumbuhan iman umat.
“Gereja ini wujud kesetiaan dan kesucian. Dengan cara itu kita menunjukan kita mencintai Tuhan. Gereja ini melambangkan cinta umat kepada Tuhan. Bukan hanya bangunan gereja tetapi tingkah laku harus sesuai dengan perintah Tuhan”, jelasnya. (Madah Sekadau/Aan/AK)

Bagikan :