Peringati Harganas, Pemkab Sekadau Kunjungi Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Puskesmas Sekadau

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melakukan kunjungan pada Pelayanan KB Sejuta Akseptor Dalam Rangka Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke XXVII Tahun 2020 yang dilaksanakan di Puskesmas Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Senin (29/6/2020). Kunjungan tersebut dipimpin oleh Bupati Sekadau, Rupinus didampingi Wakil Bupati Sekadau, Aloysius serta Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria.

Acara peringatan Hari Keluarga Nasional XXVII tahun 2020 dengan segala keterbatasan kondisi dan upaya saat ini, BKKBN berinisitif untuk melakukan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor seluruh Indonesia pada tanggal 29 Juni 2020.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan target sasaran strategis BKKBN dapat tetap diwujudkan dengan mempertimbangkan pendekatan budaya kearifan lokal serta tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang berlaku.

“Hari ini kita memperingati Hari Keluarga Nasional yang ke-27, biasanya kegiatan seperti ini pada tahun-tahun sebelumnya dipusatkan pada satu tempat di Indonesia, tetapi dengan adanya wabah Covid-19 jadi diadakan di daerah masing-masing,” kata Rupinus.

“dalam perayaan Harganas tahun ini terdapat sebuah target yaitu Akseptor sebanyak satu juta orang diseluruh Indonesia, untuk di Kabupaten Sekadau tentunya mendukung program ini dengan target 110 orang namun sampai hari ini kita dapat melebihi target yaitu sejumlah 220 orang Akseptor,” tambahnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menjelaskan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mendukung gerakan sejuta akseptor yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Harganas ke-27.

“dengan adanya kegiatan ini kita ingin mendukung pemerintah pusat dalam rangka menekan jumlah laju pertumbuhan penduduk dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” jelas Henry.

“pada program ini juga kita ingin menunjukan kepada pemerintah beserta masyarakat bahwa dalam masa pandemi ini kita juga tetap melaksanakan pelayanan KB yang aman dengan memperhatikan protocol kesehatan,” pungkasnya.

Pada acara tersebut dilakukan peninjauan pelayanan metode MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) oleh Bupati Sekadau, beserta jajaran terhadap masyarakat yang ingin menggunakan metode kontrasepsi program dari pemerintah pusat, dalam memperingati Hari Keluarga Nasional tersebut.

(MadahSekadau/Amd/Edo/AK)

Bagikan :