Pjs Bupati Sekadau Ingatkan Ada Sinergitas Dalam Pengelolaan Parawisata

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pjs Bupati Sekadau Sri Jumiadatin membuka kegiatan pelatihan tata kelola destinasi parawisata yang dilaksanakan di Aula Hotel Multi Sekadau, Sabtu (24/10/2020).

Sri Jumiadatin mengatakan bahwa ia mendukung secara penuh atas penyelenggaraan kegiatan tersebut, ia berpesan kepada seluruh peserta yang ikut dalam pelatihan itu agar dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan sungguh-sunguh.

“Saya menganggap kegiatan ini sangat positif, pengelola destinasi wisata inikan jarang kita lakukan sementara kalau saya melihat Sekadau ini sangat kaya sekali dengan destinasi wisata sehingga perlu dilakukan pelatihan untuk para pengelola maupun pemandunya karena kondisi covid-19 ini tentunya harus punya alternatif lain,”ujar Sri.

“Sekadau inikan memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa, cuma bagaimana mengelolanya serta bagaimana menghubungkan antara wisata itu dengan pelaku usaha lainnya seperti UKM dan lain sebagainya, jadi itu yang perlu disampaikan dalam pelatihan ini sehingga manfaatnya untuk peningkatkan ekonomi masyarakat itu dapat dirasakan segera,”Ungkapnya.

Sri menambahkan bahwa dalam pengelolaan parawisata memang harus ada sinergitas dari berbagai aspek sehingga tidak hanya bergantung pada pendapatan restribusi saja.

“Jadi kalau mereka cuma parsial maka tidak hidup yang lainnya, seharusnya ini dibangun dengan menghidupkan seluruh aspek bukan hanya lokasi wisata saja, kalau dari lokasi pariwisata paling dari restribusinya berapa tapi kalau misalnya UKM menjual cinderamata, makananan dan minuman dengan pengelolaan yang baik maka akan bisa menambah pendapatannya,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olaharaga dan Parawisata Kabupaten Sekadau Paulus Misi mengungkapkan bahwa tujuan terlaksananya kegiatan itu untuk meningkatkan manajemen pengelolaan wisata yang baik bagi para pengelola wisata di Kabupaten Sekadau.

“Tujuan kita tentu agar mereka memahami serta melaksanakan bagaimana mengelola destinasi wisata itu dengan baik dan benar, harapannya agar tumbuh para pelaku-pelaku ekonomi dibidang parawisata terutama ekonomi kreatif,”tegas Misi.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Pj Sekda Kabupaten Sekadau Frans Zeno, serta Kepala Dinas Pelayanan Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Sekadau Agustinus Agus. Kegiatan itu dilakukan selama tiga hari yang diikuti sebanyak 40 peserta berasal dari para pengelola objek wisata, pemandu wisata dan juru pelihara objek budaya yang menjadi tempat wisata yang ada di Kabupaten Sekadau. (Madah Sekadau/YD/AK)

Bagikan :