Wakil Bupati Sekadau Resmikan Rumah Gizi di Belitang Hulu

Bagikan :

Belitang Hulu, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksanakan Peresmian dan Serah Terima Rumah Gizi yang dilaksanakan di Desa Sebetung, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Kamis (10/9/2020).

Pada acara tersebut Wakil Bupati Sekadau beserta rombongan disambut dengan tarian adat dayak serta dilanjutkan dengan pemancungan buluh muda yang merupakan salah satu tradisi adat masyarakat desa setempat.

Pembangunan rumah gizi merupakan rencana strategis Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau dalam menurunkan angka stunting, kematian ibu dan bayi, dan dalam upaya meningkatkan surveilance epedemologi dan deteksi dini penyakit.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengatakan bahwa atas dasar ini Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan PP dan KB Kab. Sekadau membuat terobosan dalam pembangunan rumah gizi yang tersebar di Kabupaten Sekadau.

“Program Kesehatan ini merupakan tahap satu dari 25 tahap, untuk kedepannya mudah-mudahan kita dapat membangun rumah gizi ini di desa-desa lainnya yg ada di Kab. Sekadau.”kata Aloysius.

“Saya juga sudah berbicara dengan Kepala Dinas Kesehatan kalau bisa setiap tahunnya terdapat lima atau sepuluh bangunan rumah gizi untuk membantu masyarakat Kabupaten Sekadau dalam menambah asupan gizi anak,” tambahnya.

Sementara itu Plt.Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menjelaskan langkah strategis yg dilakukan Dinas Kesehatan PP dan KB Kab.Sekadau yaitu perbaikan gizi khususnya pada stunting program 1000 hari pertama kehidupan.

“Dalam upaya mengatasi stunting telah ditetapkan program percepatan pencegahan stunting secara konvergensi,” jelas Henry.

Ia menambahkan bahwa salah satu inisiatif program penurunan stunting yang dilakukan Dinas Kesehatan PP dan KB Kab.Sekadau adalah pembangunan pos gizi.

“Pos gizi adalah peningkatan derajat gizi dan penurunan stunting berbasis masyarakat yang memiliki beberapa cakupan kegiatan dalam upaya mengembangkan kedaulatan dan ketahanan pangan,” tambah Henry.

Pembangunan pos gizi di Kabupaten Sekadau bertujuan untuk upaya percepatan dan penurunan stunting dengan melibatkan masyarakat melalui kegiatan yang dilakukan masyarakat dibantu oleh bidan desa dan dibina oleh puskesmas setempat.

Pada akhir kegiatan diadakan sosialisasi yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau serta diakhiri dengan demonstrasi pembuatan serta pemberian makanan bayi dan anak di Desa Sebetung. (MadahSekadau/Amd/AK)

error: Konten di Proteksi