Wujudkan Lingkungan Sehat, Bupati Sekadau Resmikan Desa Sei Lawak Sebagai Desa ODF

Nanga Taman, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan serta Peresmian Kantor Desa yang dilaksanakan di Desa Sungai Lawak, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kamis (27/8/2020).

Acara tersebut dipimpin oleh Bupati Sekadau, Rupinus didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sekadau serta anggota DPRD Kabupaten sekadau dan Para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Acara tersebut diawali penyambutan Bupati Sekadau beserta rombongan dengan serangkaian tarian adat dayak dan dilanjutkan pemancungan bambu muda yang dilakukan langsung oleh Bupati Sekadau serta meresmikan Kantor Desa Sungai Lawak dengan pemotongan pita didepan pintu kantor desa.

Bupati Sekadau, Rupinus pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa sanitasi atau yang sering disebut kesehatan lingkungan merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

“Sanitasi yang identik dengan penyediaan air bersih, jamban keluarga, sarana pengelolaan sampah dan sarana pembuangan air limbah apabila didukung dengan perilaku hidup bersih dan sehat akan mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti diare, demam berdarah serta cacingan yang berkontribusi terhadap terjadinya stunting yang menjadi isu strategis masalah kesehatan,” kata Rupinus.

Lanjutnya, ia juga percaya bahwa dengan usaha terus menerus dengan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri, program stop buang air besar sembarangan akan dapat terlaksana.

“Saya bangga dengan masyarakat dan aparat Desa Sungai Lawak karena menjadi desa kedelapan yang bisa ODF di Kecamatan Nanga Taman,” lanjut Rupinus.

“Semoga momentum ini bisa menjadi pemicu bagi desa lain di Kabupaten Sekadau untuk bisa segera mewujudkan program stop buang air besar sembarangan,” tambahnya.

Sementara itu Plt.Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengucapkan selamat dan apresisai kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Desa Sungai Lawak, Pemerintah Kecamatan dan Puskesmas Nanga Taman yang berhasil mewujudkan Dea Sungai Lawak sebagai Desa ODF yang kedelapan di Kecamatan Nanga Taman dan kedelapan di tahun 2020.

“Untuk dapat mewujudkan lingkungan yang sehat pemerintah telah mengembangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu sebuah pendekatan untuk mengubah perilaku Hygienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat,” ucap Henry.

“Desa Sungai Lawak sudah bisa membuktikan kalau serius dan komitmen pasti bisa, setelah berhasil menjadi desa ODF diharapkan dapat berlanjut ke pilar STBM untuk menjadi Desa STBM”, tambahnya.

Tujuan dari STBM ini adalah terwujudnya kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat dimana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan 5 pilar STBM yaitu Desa STBM dan mendukung tercapainya kemandirian desa atau yang disebut Desa Mandiri.

Pada acara tersebut dilakukan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sekadau dalam rangka meresmikan Desa Sungai Lawak sebagai Desa ODF serta pembukaan tirai plang Stop Buang Air Besar Sembarangan yang dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan Desa ODF yang diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta undangan dan seluruh masyarakat Sungai Lawak.

(MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :