Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hadiri Peresmian Rumah Restorative Justice Pertama di Sekadau

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau, Hironimus menghadiri acara Presmian Rumah Restorative Justice (RJ) bertempat di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (29/3/2022).

Rumah RJ tersebut merupakan salah satu program dari Kejaksaan Negeri Sekadau dengan tujuan untuk mencari solusi dalam menyelesaikan perkara tindak pidana yang melibatkan pelaku, korban, keluarga, Pemerintah Desa, Tokoh Adat, Tokoh Agama serta pihak Kejari, TNI dan Polri.

Pada kesempatan tersebut Hironimus menjelaskan bahwa Peresmian Rumah RJ ini pada dasarnya dilaksanakan di Desa serta Dusun yang umumnya ditempatkan dalam suatu lokasi yang dianggap netral untuk menangani penyelesaian tindak pidana ringan.

Selain itu, dirinya menyebutkan bawa didirikannya Rumah RJ tersebut dalam upaya menyelesaikan permasalahan secara musyawarah atau kekeluargaan sebelum pihak terkait membuat laporan kepada pihak kepolisian.

“Kami atas nama Pemerintah, pribadi serta masyarakat jika bisa meminta kepada pihak Kejari untuk Rumah Restorative Justice ini dapat dilaksanakan disemua Desa di Kabupaten Sekadau,” sebut Hironimus.

Selanjutnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sekadau tersebut berharap dengan didirikannya Rumah RJ pertama khususnya di Pemerintahan Desa Mungguk pada umumnya Kabupaten Sekadau ini dapat menciptakan kondisi yang semakin aman dan tertib.

“Karena dengan situasi dan kondisi yang aman serta tertib maka segala perkara hukum di Kabupaten Sekadau ini dapat berkurang, sehingga dengan situasi yang aman maka visi dan misi Kabupaten Sekadau yaitu Maju, Sejahtera dan Bermartabat dapat dilaksanakan dengan baik,” harap dia.

Turut hadir pada acara tersebut, Kasi Tindak Pidana Umum Kejari Sekadau Hendrik Fayol, Kasat Reskrim Polres Sekadau AKP Anuar Syariffudin, Danramil Sekadau Hilir Kapten (ARH) L. Simare Mare, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sekadau Matius Jon, Kasat Pol PP Sekadau, Paulus Yohanes, Kepala Bagian Perekonomian SDA Setda Sekadau Fran Dawal  serta Sekretaris Desa Mungguk Aswanto dan Ketua Adat Budaya Dayak Sekadau Paulus Lion. (MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :