Monitoring PPKM Mikro di Kecamatan Sekadau Hulu

Sekadau Hulu, Madah Sekadau – Dalam rangka menguatkan peran desa dalam pengedalian Covid-19 di Kecamatan Sekadau Hulu, Pemerintah Kabupaten Sekadau menyelenggarakan monitoring posko PPKM Mikro bersama Camat dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Sekadau Hulu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Camat Sekadau Hulu, Rabu (7/7/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sekadau Bayu Dwi Harsono, Camat Sekadau Hulu Aloysius Ashari, Forkopimcam Kecamatan Sekadau Hulu, Kasi Surveilans & imunisasi Bidang Pencegahan & Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Heri, serta Kepala Desa yang ada di Kecamatan Sekadau Hulu.

Kadis PMD Kabupaten Sekadau Bayu Dwi Harsono dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanganan Covid-19 di Kabupaten Sekadau menjadi komitmen Bupati dan Wakil Bupati Sekadau yang telah diamanatkan Gubernur Kalimantan Barat untuk fokus dalam menangani masalah pandemi di Kabupaten Sekadau.

“Setelah dilantik oleh Gubernur Kalimantan Barat, Bupati dan Wakil Bupati Sekadau yaitu Bapak Aron dan Subandrio langsung berkeinginan untuk memonitoring serta mengevaluasi PPKM Mikro sesuai dengan amanat yang diberikan oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji pada saat pelantikan kemarin untuk menangani masalah pandemi Covid-19 di Kabupaten Sekadau, “Ucap Bayu.

“Monitoring PPKM Mikro kali ini kita lakukan di Kecamatan Sebagai bahan evaluasi saja, jadi sampai sejauh mana penanganan Covid-19 ditingkat desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau, jadi kita tidak lakukan model yang seperti kemarin langsung meninjau posko-posko PPKM Mikro yang ada di desa”, Ungkapnya.

Camat Sekadau Hulu, Aloysius Ashari mengatakan bahwa untuk seluruh desa yang ada di Kecamatan Sekadau Hulu sudah memiliki posko PPKM Mikro dan juga telah membentuk satgas ditingkat desa dimana kepala desanya berperan sebagai ketua satgasnya masing-masing.

“Seluruh desa diwilayah Kecamatan Sekadau Hulu sudah memiliki posko, jadi dari 15 desa itu masing sudah didirikan posko PPKM Mikro, kemudian juga sudah membentuk satgas ditingkat desa dan Kepala desa adalah ketua satgas didesanya masing-masing”, Ujar Aloy.

“Meskipun dengan dana yang terbatas, kami tetap berusaha untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi dibeberapa posko PPKM Mikro ditingkat desa yang ada di Kecamatan Sekadau Hulu, adapun desa-desa yang telah kami kunjungi yaitu Desa Sunsong, Desa Nanga Biaban, Desa Sekonau dan Desa Tinting Boyok”, Terangnya.

“Jadi kita sudah berusaha jemput bola untuk mengevaluasi dan mendengar persoalan serta permasalahan yang dihadapi para kepala desa di desanya masing-masing, saya juga mengapresiasi kepada para kades yang telah memberikan himbauan 5M kepada masyarakat sebagai langkah untuk pencegahan penularan Covid-19 ini, “Pungkasnya.

Dalam monitoring ini, dilakukan diskusi bersama dari pihak Pemda, Kecamatan, Forkopimcam dan para kepala desa yang ada di Kecamatan Sekadau Hulu untuk nantinya apa yang menjadi kendala dan permasalahan ditingkat desa dalam penanganan Covid-19 akan disampaikan kepada satgas ditingkat Kabupaten Sekadau sebagai bahan evaluasi. (Madah Sekadau/YD/AK)

Bagikan :