Wakil Bupati Sekadau Resmikan Kantor Desa, Pasar Rakyat, dan Rumah Gizi Desa Tapang Pulau

Belitang Hilir, Madah Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius resmikan kantor desa, pasar rakyat, dan rumah gizi Desa Tapang Pulau, Kecamatan Belitang Hilir, Kamis (17/9/2020).

Dalam acara yang berlangsung dihalaman pasar rakyat Tapang Pulau ini, turut hadir Plt Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM, Kepala Dinas Pemdes, beberapa SKPD lain beserta jajarannya serta unsur Forkopimka Belitang Hilir.
Ketiga fasilitas ini merupakan wujud pembangunan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau kepada masyarakat dalam bidang kesehatan, ekonomi, serta pelayanan administrasi pemerintahan.

Wakil Bupati Sekadau berharap ketiga fasilitas yang telah dibangun dapat dipergunakan dengan baik guna menunjang pertumbuhan masyarakat diberbagai sektor.

“Kantor Desa, Pasar Rakyat, dan Rumah Gizi dibangun dengan harapan untuk dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin”, kata Aloysius. Secara khusus pembangunan rumah gizi merupakan terobosan pemerintah dalam rangka penanggulangan kasus stunting yang masih tinggi di Kabupaten Sekadau dan masuk dalam urutan ke empat tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat.

“Atas dasar inilah Pemerintah daerah melalui Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau membuat terobosan berupa pembangunan pos gizi atau rumah gizi di Kecamatan Belitang Hilir sebanyak 3 buah, yaitu di Desa Sungai Ayak II, Desa Empajak, dan Desa Tapang Pulau ini”, tambah Aloysius.

Sementara pembangunan pasar rakyat merupakan program kementrian yang bertujuan memicu pertumbuhan sektor ekonomi suatu daerah. Kabupaten Sekadau melalui Disperindagkop dan UMKM membangun beberapa pasar rakyat yang tersebar dibeberapa Kecamatan salah satu diantaranya di Desa Tapang Pulau ini. Melalui sumber anggaran DAK tahun 2019.

“Pasar rakyat di Tapang Pulau ini menjadi pasar rakyat percontohan diantara pasar rakyat lain yang ada di Kabupaten Sekadau”, jelas Kadis Perindagkop dan UMKM, Emanuel.
“Bangunan Pasar rakyat bertujuan memicu pertumbuhan ekonomi yang kemudian pemerintah berharap dapat mewujudkan pemerataan ekonomi”, tambah Emanuel.
Dalam sambutannya Kepala Desa Tapang Pulau Elpidius memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah banyak membantu membangun masyarakat Desa Tapang Pulau.

“Terimakasih kepada pihak Kabupaten, Kecamatan, dan masyarakat Desa Tapang Pulau yang pada saat ini mampu mengantarkan Desa Tapang Pulau menjadi Desa Mandiri pada tahun 2021”, ungkap Elpidius.

Elpidius juga berharap agar raperda Desa persiapan Melanjan Raya segera terelealisasi tahun ini, yang menjadi dasar terbentuknya Desa defenitif Melanjan Raya. Hal ini juga disampaikan oleh anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Bambang Setiawan. “Kami sebagai telinga dan mulut masyarakat kembali mengingatkan kepada Pemerintah Daerah khususnya Pemdes, untuk kita bersama-sama mewujudkan Desa Melanjan Raya”, ucap Bambang Setiawan.

Dalam kesempatan yang sama, Disperindagkop dan UMKM bekerjasama dengan distributor terkait melaksanakan pelayanan pasar murah bagi masyarakat. Pelayanan pasar murah berupa penjualan sembako seperti beras dan gas LPG ukuran tabung 3 kg. (MadahSekadau/Aan/AK)

Bagikan :