Cegah Stunting, Dinkes Sekadau Sosialisasi Aplikasi Elsimil Kepada Calon Pengantin

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Dinas Kesehatan, PP dan KB kabupaten Sekadau bekerjasama dengan Pemerintah Desa Ensalang melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Elsimil kepada calon pengantin dan ibu hamil di Kantor Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu (28/9/2022).

Aplikasi Elsimil sendiri merupakan program dari BKKBN dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil.

Aplikasi ini sebagai bentuk skrining awal dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, perbaikan gizi bagi calon pengantin perempuan serta edukasi perilaku hidup sehat. Sasaran utama dari program ini adalah para remaja yang mau berumah tangga.

Magdalena Susilawati Aron ketika melakukan sosialisasi kepada calon pengantin, ibu hamil dan ibu pasca bersalin di Dusun Suka Damai Desa Ensalang berharap dengan dilakukannya pendampingan oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) ibu hamil bisa melahirkan anak yang normal.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Budi Mustika berharap bahwa seluruh ibu calon pengantin dapat didata pada sistem.

“ini bertujuan untuk mengetahui jumlah calon pengantin yang perlu dilakukan screening, karena proses screening ini untuk menentukan apakah calon pengantin beresiko untuk melahirkan anak stunting yang salah satu gejalanya yaitu tinggi dan berat bayi berada dibawah standar,” sebut Budi.

“harapannya dengan dilakukan pendampingan oleh TPK kepada calon pengantin bisa mengurangi resiko lahirnya anak stunting, kemudian  dari keseluruhan data yang sudah di input dan dilaporkan maka akan menjadi bahan analisa kedepan agar program ini bisa lebih tepat sasaran,” tambahnya.

Setelah melakukan sosialisasi di Kantor Desa Ensalang, Magdalena didampingi Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Budi Mustika beserta rombongan meninjau langsung ke rumah calon pengantin untuk melihat langsung kegiatan pendampingan oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK). (Madah Sekadau/Wan/AL/AK).

Bagikan :